Food Story edisi Camping

Thursday, June 27, 2013


Kata salah seorang sahabat, masakan saya kalau lagi camping enak. Jadi, siapa tahu suatu saat saya lupa cara bikin beberapa masakan (rahasia) saya sehingga saya pingin nulis di sini. Siapa tahu juga ada yang lagi nyari resep masakan buat camping. Nanti ada juga versi buat di rumah. Saya takut lupa soalnya udah lama nggak camping.

Catatan spesial:
- saya selalu masak pakai mini trangia
- saya selalu pergi ke pasar sebelum camping jadi sempat beli bahan masakan
- saya selalu memulai masak dengan menggoreng bawang putih dengan margarin


  #1 Capcay Tumis

Bahan: Jagung yang kecil (gaktau nama aslinya), jamur kuping, wortel, tomat, garam, gula, penyedap rasa, lada, bawang putih, margarin, air.
Cara: so simple, tumis bawang putih dengan margarin, kemudian masukkan wortel sampai setengah layu, jagung kemudian jamur, tambahkan sedikit air dan bumbu-bumbu (takarannya pakai feeling aja, namanya juga camping), lalu terakhir tomat. Sajikan dengan bihun rebus.

#2 Tumis Kentang


Bahan: Kentang Kecil potong tipis, Buncis, wortel, tomat, seledri, margarin, bawang putih, garam, gula, lada, penyedap rasa.
Cara: so simple, goreng bawang dengan margarin, masukkan wortel, kentang, buncis, tumis sampai agak layu sambil masukkan bumbu-bumbu. Masukkan tomat. Done.




#3 Sop Ikan
Resep yang ini agak niat, direkomendasikan jika berada di pantai yang nelayannya jualan ikan dan ada yang jual bumbu (kalau dadakan).

Bahan: kunyit, ketumbar, lada, penyedap, gula, garam, bawang putih, margarin, air, ikan (tanya yang dagingnya padat dan ga gampang hancur), tomat, wortel, kentang, daun bawang, seledri.
Cara: sebelumnya, panaskan mentega dan masukkan ikan yang sudah disisipi dengan kunyit+ketumbar+lada (di teflonnya trangia), kemudian di panci trangia siapkan bawang putih yang digoreng dengan margarin, kemudian masukkan air agak banyak, wortel, dan kentang dipotong dadu. Masukkan bumbu (lada garam gula penyedap), dan daun bawang serta seledri. Ikan yang sudah agak meresap bumbunya dipotong-potong dan masukkan ke panci trangia. Tunggu sampai mendidih, masukkan tomat. Done.


#4 Tumis Kepiting
Ini resep yang sungguh dadakan, dibuat di pantai yang pagi-paginya suka ada kepiting lewat.
Bahan: kepiting (liar), tomat, margarin, bawang putih, seledri, tomat, garam, lada.
Cara: goreng bawang putih dengan margarin, masukkan kepiting sampai memerah (tanda sudah matang), masukkan seledri dan tomat, masukkan garam dan gula, tumis sebentar. Done.


#5 Bihun (atau Mie) Telor
Ini resep yang seharusnya cowo paling ngga bisa masak pun bisa masak.
Bahan: Bihun (atau mie), seledri, daun bawang, cabe, bawang putih, bawang merah, telur, lada, garam, gula, penyedap rasa
Cara: Rebus bihun atau mie, lalu tiriskan dan kocok dengan telur. Pasang teflon trangia, goreng bawang putih, bawang merah dan cabe dengan margarin, masukkan adonan telur dan bihun/mie, daun bawang, seledri. Tunggu, dibalik, dan selesai.

#6 Bistik Sapi
Ini resep terniat karena Anda harus pergi ke tempat dingin (derajat minus pada malam hari) kalau mau benar-benar enak. Saya masak ini pas di Semeru saat musim kering, malam mencapai derajat minus sampai semua tetes air di tenda saya membeku saat bangun pagi. Resep aslinya resep rahasia nenek saya sih sebenernya. Untuk menu ini say pakai trangia besar.

Bahan: Daging sapi, wortel, kentang, mentega (banyak!), kecap, cabe, lada, garam, gula, bawang putih.
Cara: Malam sebelumnya, cuci daging dan rendam dengan mentega dan kecap. Aduk sampai rata, tutup rapat, diamkan di luar (yang suhunya sudah seperti kulkas). Tidur. Esok pagi atau siang, cek daging anda. Pasti sudah meresap bumbunya. Rebus kentang dan wortel yang dipotong panjang (stik) di panci trangia. Dengan teflon, goreng bawang putih dan cabe dengan mentega, masukkan daging dan goreng agak lama. Tambahkan kecap dan mentega, tunggu hingga daging lembut dan meresap bumbunya (bisa juga pas beli daging minta dipukul-pukul dagingnya biar lembut, tips tambahan dari nenek saat direndam malamnya, daging ditusuk-tusuk dengan garpu juga). Kemudian masukkan lada, garam, gula, lalu sajikan dengan wortel dan kentang rebus. Selamat, Anda berhasil!

Food Story edisi Rumahan kapan-kapan aja ya. Hehe

You Might Also Like

6 comments

  1. gilee, camping aja masaknya niat banget yah.. apa lagi di rumah :D #kode *minta dimasakin*

    ReplyDelete
    Replies
    1. camping bareng duluuu nanti gue masakkin :D

      Delete
    2. Puspita, gimana cara nyimpen daging nya ya? Gw weekend camping nih. Hahhaa

      Delete
    3. Sedappppp. Camping kemana din?
      Kalau campingnya malem, misal sabtu malem kalau bisa beli dagingnya sabtu pagi aja di pasar lokal. Masaknya pas malem insyaAllah masih oke. Kalau tempatnya dingin banget, bisa disimpen di luar aja sambil direndem kecap sama mentega semaleman. Hehe

      Delete
  2. Wah,makasih banget. Kebetulan saya mau kemping minggu depan dan butuh resep praktis,makasih ya !

    ReplyDelete

Let's give me a feedback!